Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Serukan Obama Ubah Kebijakan LN AS


Mahmud Ahmadinejad, presiden Iran menyerukan pada pemerintahan Obama supaya mengadakan perubahan kebijaksanaan luar negeri yang mendasar.

Ini dikatakan oleh Ahmadinejad dalam sebuah rapat umum di Iran bagian barat hari ini. Katanya, Amerika harus minta maaf atas apa yang disebutnya kejahatan terhadap rakyat Iran yang telah berlangsung 60 tahun.

Pemimpin Iran itu juga mengatakan, Amerika harus menghentikan kehadiran militernya di seluruh dunia, dan menghentikan dukungan kepada Israel, serta tidak campur tangan dalam urusan negara lain.

Presiden Barack Obama minggu ini mengatakan, pemerintahnya akan mengulurkan tangan persahabatan kepada Iran, kalau saja Iran mau menyambutnya.

Kata jurubicara departemen LN Robert Wood, Amerika sedang meninjau kembali kebijakannya terhadap Iran, tapi Iran juga tahu bahwa negeri itu harus mengubah sikapnya supaya bisa kembali masuk ke dalam lingkungan masyarakat internasional.

Pendahulu Obama, presiden George Bush tidak mau mengadakan dialog dengan Iran karena apa yang disebutnya pembangkangan Iran atas tuntutan dunia internasional supaya menghentikan program nuklirnya.



XS
SM
MD
LG