Tautan-tautan Akses

Obama Lakukan Perjalanan Bersejarah Naik Kereta Api dari Philadelphia ke Washington


Presiden terpilih Amerika Barack Obama Sabtu ini melakukan perjalanan bersejarah naik kereta api yang penuh dengan arti simbolis ketika dia mengikuti kembali jejak perjalanan Presiden Abraham Lincoln dari Philadelphia menuju Washington untuk pelantikannya tahun 1861.

Banyak orang diperkirakan akan menyambut kereta api yang membawa presiden terpilih itu pada saat kereta api melakukan perjalanan dari tempat lahirnya negara Amerika di Pennsylvania menuju ibukota Amerika. Kereta api itu akan singgah di Wilmington, Delaware –kota asal wakil presiden terpilih Joe Biden – dan di Baltimore, Maryland.

Jurubicara Komite Pelantikan Presiden Natalie Wyeth mengatakan asosiasi dengan Presiden Lincoln sangat berarti bagi Obama, karena tidak saja keduanya dari Illinois, tetapi juga karena Abraham Lincoln menandatangani perintah pengakhiran perbudakan di Amerika Serikat.

Wyeth menyatakan yakin bahwa penting bagi presiden Amerika keturunan Afrika yang pertama untuk memulai perayaan pelantikan dengan sebuah acara dengan mengenang kembali Abraham Lincoln.

XS
SM
MD
LG