Tautan-tautan Akses

Para Senator Setujui Hillary Clinton Sebagai Menlu AS


Satu komite utama Senat Amerika telah menyetujui nominasi Senator Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri berikutnya.

Komite Hubungan Luar Negeri Senat dengan suara 16 lawan 1 Kamis ini mendukung mantan ibu negara itu. Sudang enuh Senat diperkirakan akan mengkonfirmasi penunjukannya hari Selasa setelah pelantikan Presiden-terpilih Barack Obama.

Secara terpisah, calon-Jaksa Agung Eric Holder memberi kesaksian pada dengar keterangan konfirmasinya di Komite Kehakiman Senat. Dia mengatakan dia berpendapat teknik interogasi kontroversial yang dikenal sebagai "waterboarding" adalah penyiksaan yang seyogianya tidak di-bolehkan.

Holder mengatakan cara terbaik memerangi terror adalah dengan melindungi kebebasan sipil dan menegakkan supremasi hukum. Katanya pemerintahan Obaa akan memastikan interogasi konsisten dengan kewajiban Amerika Serikat berdasarkan Konvensi Jenewa.

Holder menegaskan penjara militer di Teluk Guanatanamo, Kuba akan ditutup, tetapi katanya itu bukanlah tugas yang mudah karena pemerintahan mendatang harus memikirkan apa yang akan diperbuat dengan sekitar 250 tersangka terror yang sekarang ditahan di sana.


XS
SM
MD
LG