Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Warga Palestina di Gaza Capai 1000 Orang


Korban tewas dalam serbuan Israel ke Jalur Gaza telah mencapai 1,000 orang lebih, kata pejabat kesehatan Palestina.

Dari jumlah itu, 300 orang adalah anak-anak, kata kepala badan urusan anak PBB. Tentara Israel telah menguasai sepenuhnya jalan masuk ke Gaza, sehingga jumlah korban yang sebenarnya tidak bisa diketahui. Tapi pejabat PBB mengatakan, perkiraan jumlah korban yang diumumkan sebelum ini pada umumnya bisa dipercaya. Jumlah korban pada pihak Israel hanya 13 orang dalam serbuan yang telah berlangsung 19 hari.

Kepala Palang merah internasional di Jerusalem, Jacob Kellenberger hari ini mengatakan, situasi di Gaza sangat mengejutkan. Kellenberger kemarin mengunjungi kawasan Gaza yang padat penduduknya, dan juga kota Siderot di Israel yang berulang kali kena tembakan roket Hamas. Ia menyerukan pada kedua pihak agar membedakan antara sasaran militer dan sipil.

Israel kemarin mengusir sebuah kapal Iran yang membawa 2,000 ton makanan ke Gaza. Kata Israel pengusiran itu bukan karena kapal itu kapal Iran, tapi karena melanggar blokade maritim yang dilancarkan Israel atas Gaza.

Sementara itu sebuah pita rekaman yang katanya suara Osama bin Ladin dilaporkan menyerukan pada seluruh orang muslim untuk melancarkan jihad guna menghentikan offensif Israel di Gaza.

Rekaman suara itu dipasang hari ini dalam web site islam yang biasanya dipakai oleh al-Qaida, tapi tidak bisa dikukuhkan keabsahannya.

XS
SM
MD
LG