Tautan-tautan Akses

Para Menlu Negara Arab, Ban Ki-moon Bahas Cara Akhiri Krisis Gaza



Para menteri luar negeri negara-negara Arab bertemu dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon dan para wakil dari Dewan Keamanan kemarin untuk membicarakan rancangan resolusi yang menyerukan pengakhiran segera penyerbuan Israel di Gaza.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Malki mengatakan rancangan itu menyerukan gencatan senjata permanen, pengerahan pemantau dan pengamat perbatasan internasional, dan pengiriman bantuan kemanusiaan. Ia menyatakan harapan Amerika tidak akan keberatan atas rancangan terbaru yang diajukan Arab itu.

Maliki juga mengatakan ia kecewa oleh penolakan bakal presiden Amerika Barack Obama untuk menanggapi hal tersebut, dengan mengatakan ia tadinya memperkirakan Obama akan terbuka dan bersedia menanggapi keadaan di Gaza.

Pemerintahan Bush mengatakan mereka mendukung pengakhiran pertempuran segera mungkin. Tetapi, mereka mengatakan para pejabat Amerika mengajukan gagasan persetujuan Gaza yang akan mengakhiri tembakan roket Hamas ke Israel, penyelundupan senjata melalui terowongan dari Mesir, dan membuka kembali tempat penyeberangan perbatasan bagi bantuan kemanusiaan dan perniagaan.

Hari ini, Presiden Palestina Mahmoud Abbas diperkirakan akan menghadiri pertemuan Dewan Keamanan mengenai masalah rancangan resolusi tadi. Para pemimpin Arab berharap akan mengajukan resolusi itu kepada dewan yang beranggotakan 15 negara itu pada waktu itu.

XS
SM
MD
LG