Tautan-tautan Akses

Pasukan Sri Lanka Rebut Ibukota Pemberontak Tamil


Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa mengatakan pasukan pemerintah telah menguasai kota yang menjadi markasbesar Macan Tamil, Kilinochchi, untuk pertama kalinya dalam satu dasawarsa.

Dalam beberapa jam sesudah pengumuman itu, polisi mengatakan seorang pelaku bom bunuhdiri dengan sepeda motor meledakkan dirinya dekat markasbesar angkatan udara di pusat ibukota, Kolombo. Ledakan itu menewaskan tiga anggota angkatan udara dan paling kurang 37 orang lainnya.

Dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional Jumat ini, Presiden Rajapaksa melukiskan perebutan markas pemberontak itu sebagai "kemenangan yang tak ada bandingannya". Dia menyerukan agar pemberontak menyerah.

Jatuhnya Kilinocchi merupakan pukulan hebat pada pemberontak dan perang 25 tahun mereka untuk membentuk negara merdeka bagi minoritas Tamil negara itu. Kota itu merupakan markasbesar administrative dan politik pemberontak.

Belum ada tanggapan dari Macan Tamil, tetapi situs Web Tamilnet yang berafiliasi dengan pemberontak mengatakan pemberontak telah memindahkan markasbesar mereka lebih jauh ke timurlaut sebelum kota itu jatuh.


XS
SM
MD
LG