Tautan-tautan Akses

Gubernur Illinois Tunjuk Pengganti Kursi Senat yang Ditinggalkan Obama


Gubernur Illinois yang sedang bermasalah telah menunjuk pengganti posisi senat yang ditinggalkan Barack Obama meskipun ada tuduhan bahwa gubernur itu berusaha menjual jabatan itu sebelumnya bulan ini.

Blagojevich hari Selasa menunjuk bekas Jaksa Illinois Roland Burris mengisi kursi itu. Gubernur itu meminta kepada masyarakat untuk tidak membiarkan tuduhan terhadapnya mengganggu reputasi orang yang ditunjuknya. Ia menyebut Burris " orang yang baik dan jujur" dan ia memuji integritas dan pengalaman bekas jaksa negara bagian itu.

Burris berjanji untuk mengabdikan dirinya guna menegakkan integritas jabatan.Namun, Ketua Senat Amerika telah mengatakan tidak akan menerima penunjukan gubernur itu.

Blagojevich dibebaskan dengan jaminan setelah ditangkap awal bulan ini atas tuduhan berusaha menjual atau memperdagangkan kursi senat yang ditinggalkan Obama kepada penawar tertinggi. Anggota-anggota partai gubernur itu, Partai Demokrat, termasuk Obama telah menyerukan agar Blagojevich mengundurkan diri.

XS
SM
MD
LG