Tautan-tautan Akses

PM Inggris: Negara-Negara Besar Harus Desak Mugabe Mundur


Perdana Menteri Inggris Gordon Brown mengatakan negara-negara besar harus memberitahu Presiden Zimbabwe – Robert Mugabe, bahwa ia sebaiknya mengundurkan diri, ditengah epidemi kolera yang telah menewaskan hampir 600 orang.

Perdana Menteri Brown mengatakan, krisis di Zimbabwe sekarang sudah menjadi keadaan darurat internasional bukan lagi nasional.

Komentar Perdana Menteri Brown hari Sabtu menandaskan keprihatinan para pemimpin lain dunia yang menyatakan bahwa kesabaran mereka terhadap Presiden Mugabe sudah habis.

Tetapi Perdana Menteri Brown tidak terang-terangan menyerukan supaya Presiden Mugabe meletakkan jabatan, seperti yang diminta Amerika.

Dalam wawancara dengan media Inggris, Menteri urusan Pembangunan Internasional –Douglas Alexander menyatakan yakin bahwa ada kemungkinan negara-negara Afrika akan mengambil sikap menentang Presiden Mugabe dalam beberapa hari mendatang. Dia menyatakan bahwa dia akan mendukung langkah serupa itu.

Uskup Afrika Selatan Desmond Tutu dan Perdana Menteri Kenya Raila Odinga sama-sama membuat pernyataan keras yang mengecam Pemerintah Mugabe pekan ini.

XS
SM
MD
LG