Tautan-tautan Akses

Obama Berjanji Bantu Negara-Negara Bagian Atasi Kesulitan Anggaran


Presiden terpilih Amerika Barack Obama mengatakan ia bermaksud membangun kemitraan dengan gubernur negara-negara bagian untuk merancang dan melaksanakan rencana-rencana pemulihan ekonomi pada saat negara-negara bagian di Amerika menghadapi berbagai masalah anggaran.

Dalam pertemuan dengan Asosiasi Gubernur Nasional di Philadelphia hari Selasa, Obama mengatakan ia mendukung sebuah rencana ekonomi yang akan membantu menciptakan lapangan pekerjaan dan menurunkan pajak.

Ketua Asosiasi itu Gubernur Pennyslvania Ed Rendell menyerukan pendanaan pemerintahkan federal yang lebih besar untuk proyek-proyek infrastruktur, seperti perbaikan dan pembangunan jalan-jalan, bandara dan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Pendanaan tersebut berasal dari paket perangsang keuangan sebesar 500 milyar dolar yang diharapkan oleh kalangan Demokrat di Kongress disetujui bulan depan. Menurut asosiasi itu, 20 negara bagian telah memangkas lebih dari tujuh milyar dolar anggaran mereka karena melambatnya perekenomian.

Obama besok akan mengadakan konferensi pers dimana ia akan mengumumkan nominasi Gubernur New Meksiko Bill Richardson sebagai menteri perdagangan.

Dalam kesempatan terpisah menteri pertahanan Robert gates yang tetap menjabat sebagai pimpinan Pentagon dalam pemerintahan Obama mengatakan kepada para wartawan, salah satu prioritas penting pemerintahan baru adalah mencari strategi dan pendekatan baru dalam upaya koalisi militer di Afghanistan.

XS
SM
MD
LG