Tautan-tautan Akses

AS, Jepang dan Korsel Desak Korut Izinkan Pengambilan Sampel Nuklirnya


Para utusan dari Amerika, Jepang dan Korea Selatan mengatakan mereka akan mendesak Korea Utara agar mengizinkan para inspektur untuk mengambil sampel-sampel dari sarana nuklirnya untuk memeriksa kebenaran klaim bahwa Korea Utara sudah mengakhiri program senjata nuklirnya.

Setelah melakukan pembicaraan di Tokyo hari ini, ketiga utusan itu mengatakan mereka akan berusaha mendapatkan dokumen tertulis yang menerangkan secara rinci mengenai isu pengambilan sampel tersebut.

Akitaka Saiki, perunding nuklir utama Jepang, mengatakan dia dan perunding nuklir Amerika Christopher Hill dan perunding nuklir Korea Selatan Kim Sook sepakat mereka harus mengambil sampel dari sarana nuklir Korea Utara untuk mengukuhkan pernyataan Pyongyang mengenai programnya. Dia mengatakan mereka akan mengajukan tuntutan mereka ketika pembicaraan nuklir enam negara dilanjutkan pekan depan di Beijing.

Pertemuan hari ini dilakukan sehari sebelum pembicaraan empat mata antara Hill dan perunding nuklir Korea Utara Kim Kye Gwan di Singapura

XS
SM
MD
LG