Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tolak Kritik Karena Eksekusi Ilmuwan yang Dituduh Mata-Mata


Tiongkok menampik kritik dari Uni Eropa dan Amerika tentang eksekusi terhadap ilmuwan dengan tuduhan melakukan pekerjaan mata-mata untuk Taiwan hari Jumat.

Media pemerintah mengeluarkan laporan Senin ini, yang mengutip jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Qin Gang, membela keputusan dan penghukuman itu.

Qin menyebut kritik itu sebagai intervensi semena-mena terhadap kedaulatan hukum Tiongkok.

Ia juga mengatakan tuduhan pemerintah asing itu secara negatif berdampak pada perkembangan pembicaraan bilateral tentang HAM.

Pejabat Uni Eropa dan Tiongkok sedang mengadakan pembicaraan tentang HAM di Beijing hari Jumat, ketika keluarga dari ilmuwan dan pebisnis Wo Weihan diberi tahu mengenai pelaksanaan eksekusi itu.

Uni Eropa mengatakan eksekusi itu melemahkan semangat kepercayaan dan saling menghormati yang dibutuhkan dalam dialog HAM antara Uni Eropa dan Tiongkok.

Dalam perkembangan terkait, Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan kepada radio Perancis, bahwa Tiongkok tidak punya alasan untuk membataslkan KTT Uni Eropa Tiongkok yang dijadualkan hari ini.

Tiongkok minggu lalu mengumumkan fihaknya menunda pertemuan itu sebagai protes terhadap rencana para pemimpin Uni Eropa untuk bertemu dengan pemimpin spiritual Tibet di pengasingan, Dalai Lama minggu ini.

XS
SM
MD
LG