Tautan-tautan Akses

Pakistan Bersedia Dialog dengan India Mengenai Kontra-Terorisme


Pemerintah Pakistan mengatakan mereka bersedia untuk memperdalam dialog dengan India mengenai kontra-terorisme, tetapi mengatakan penting bagi India untuk menghindarkan “main tuduh.”

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Jumat malam, Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan Pakistan telah mengutuk serangan teroris yang mengerikan di Mumbai pada tingkat paling tinggi.

Sebelumnya hari Jumat, Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan Perdana Menteri Yousaf Raza Gilani menjanjikan dukungan pada India, dalam pembicaraan telepon terpisah dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh. Para pemimpin Pakistan juga mengatakan mereka akan mengirim pejabat tinggi intelijens negara itu ke India untuk membantu dalam penyelidikan mengenai serangan itu.

Para pejabat India telah mengatakan militan tersebut adalah dari luar India, dan Singh kabarnya mengatakan kepada Gilani bahwa beberapa dari penyerang adalah dari kota Karachi, Pakistan. Menteri Luar Negeri India juga mengatakan orang-orang bersenjata tersebut mempunyai kaitan dengan Pakistan.

Tetapi, Perdana Menteri Pakistan menekankan pemerintahannya tidak yakin Pakistan terlibat dalam serangan Mumbai.

XS
SM
MD
LG