Tautan-tautan Akses

Obama Berjanji Akan Terapkan Disiplin Anggaran


Presiden terpilih Amerika, Barack Obama hari Selasa mengangkat seorang pejabat untuk mengatur anggaran pemerintah yang besar, sementara itu pejabat tinggi pemerintahan Bush memaparkan program lainnya untuk meningkatkan perekonomian yang terpuruk.

Obama menunjuk Peter Orszag sebagai pimpinan Kantor Pengelolaan Anggaran atau OMB dan memerintahkan Orszag memeriksa pengeluaran pemerintah serta menghemat milyaran dolar dengan menyingkirkan program-program lama yang tidak effektif.

Presiden terpilih itu mengatakan reformasi anggaran penting disaat ekonomi terpuruk dan defisit meningkat. Usul Obama untuk menggerakkan perekonomian mungkin akan meningkatkan defisit anggaran itu.

Sebelumnya pejabat pemerintahan Bush mengumumkan bantuan baru bagi pasar perumahan Amerika yang telah memicu keterpurukan ekonomi saat ini. Pemerintah akan membeli ratusan milyar dolar, surat-surat berharga yang didukung kredit perumahan sehingga tersedia uang pinjaman bagi calon pembeli rumah.

Menteri keuangan Henry Paulson mengatakan program tersebut akan meningkatkan belanja konsumen yang menurun, dengan program pinjaman baru sehingga bisa membantu perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan kartu kredit, memberikan pinjaman para mahasiswa atau mendanai pembelian mobil.

XS
SM
MD
LG