Tautan-tautan Akses

Bush dan Para Pemimpin Pasifik akan Hadiri Pertemuan Ekonomi di Peru


Presiden Amerika George Bush dan para pemimpin dari kawasan Pasifik akan berangkat ke Peru untuk menghadiri pertemuan puncak ekonomi tahunan yang diperkirakan akan memusatkan pembicaraan pada krisis keuangan global.

Bush akan berusaha menggalang dukungan pada rancangan yang disetujui pekan lalu dalam pertemuan 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Rancangan itu bertujuan untuk memperbaiki krisis ekonomi global dan masalah yang menyebabkannya.

Pertemuan puncak APEC akan diadakan Sabtu dan Minggu di ibukota Peru, Lima, beberapa hari setelah laporan ekonomi yang suram oleh Dewan Kerjasama Ekonomi Pasifik. Organisasi nir-laba itu mengatakan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Pasifik akan tumbuh hanya 1,2 persen tahun depan, kurang dari separuh laju pertumbuhan tahun 2007 dan 2008.

Mantan pejabat senior Dept. LN Amerika, Sidney Weintraub yang pernah terlibat dalam pengembangan konsep APEC mengatakan, para pemimpin lebih menyukai KTT ini karena kurang menekan mereka daripada KTT G-20.

Sejumlah pembicaraan bilateral akan diadakan di sela-sela pertemuan puncak APEC. Bush akan bertemu dengan kepala negara dari Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

XS
SM
MD
LG