Tautan-tautan Akses

Dunia Hormati Para Veteran Dalam Peringatan 90 Tahun Berakhirnya PD I


Presiden Amerika George Bush bersama para pemimpin dunia lainnya memberi penghormatan kepada para veteran sembari melakukan peringatan 90 tahun berakhirnya Perang Dunia pertama.

Presiden Bush mengingatkan kembali cerita-cerita perang beberapa veteran Amerika, dalam pidato hari Selasa di atas kapal USS Intrepid, sebuah kapal induk yang sudah dipensiunkan di New York. Presiden Bush kemudian menghadiri upacara peresmian kembali kapal itu, yang kini menjadi musium militer dan antariksa.

Presiden Bush memperingati Hari Veterannya yang terakhir sebagai panglima tertinggi, mengatakan ia akan merindukan saat menjadi pimpinan kelompok laki-laki dan perempuan yang hebat yang mengenakan seragam militer Amerika.

Di tempat lainnya, Presiden terpilih Amerika Barack Obama memberi penghormatan para veteran dengan upacara peletakan karangan bunga di kota Chicago. Ia menyerukan kepada rakyat Amerika untuk megabdikan diri menjaga amanat mereka yang telah berjuang.

Di London, tiga veteran Perang Dunia pertama Inggris yang masih hidup (semuanya berusia diatas 100 tahun) memimpin sebuah upacara mengenang kembali kejadian pada tahun 1918 ketika perjanjian damai ditanda tangani.

XS
SM
MD
LG