Tautan-tautan Akses

40 Tewas Termasuk Tamu Pesta Perkawinan Akibat Bom AS di Afghanistan


Sedikitnya 40 orang tewas, termasuk sejumlah tamu yang datang ke pesta perkawinan dihantam bom yang dijatuhkan oleh pesawat tempur Amerika, di sebuah desa Afghanistan selatan.

Ini dikatakan oleh presiden Afghanistan Hamid Karzai. Katanya 28 orang lainnya cedera dalam serangan yang dilancarkan di desa Shah Walikot, propinsi Kandahar.

Kata para saksi, pasukan Amerika mengerahkan serangan udara itu hari senin setelah pasukan koalisi pimpinan Amerika diserang oleh kelompok militan taliban hari senin.

Kata mereka, pesawat-pesawat tempur Amerika itu mengebom sebuah kompleks perumahan dimasa sedang berlangsung pesta perkawinan. Penganten perempuan termasuk diantara yang cedera dan dibawa ke rumah sakit Kandahar. Gubernur Kandahar Rahmatullah Raufi mengatakan warga Afghanistan itu tewas dalam pertempuran, tapi ia tidak memberikan angka korban.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai hari ini menyerukan pada Presiden terpilih Barack Obama supaya menghentikan serangan-serangan pimpinan Amerika yang mengakibatkan jatuhnya korban sipil.

Tentara Amerika mengatakan sedang menyelidiki insiden itu tapi seorang jurubicara tentara menyampaikan rasa duka cita dan permintaan maaf kalau ada warga sipil yang jadi korban.

XS
SM
MD
LG