Tautan-tautan Akses

McConnel: AS Rawan Pada tahun Pertama Presiden Baru



Pejabat tinggi intelijen Amerika memperingatkan, Amerika Serikat secara khusus rawan terhadap ancaman keamanan pada bulan-bulan pertama kepresidenan baru.

Direktur Intelijen Nasional Mike McConnel hari Kamis menyampaikan pidato yang menunjuk ancaman keamanan dan tantangan yang kemungkinan dihadapi Amerika Serikat dalam dua dasawarsa mendatang.

Kata McConnell senantiasa ada kejutan segera sesudah seorang presiden memangku jabatan. Dia menyebut serangan teroris pada tahun pertama pemerintahan Clinton dan Bush. McConnell mengatakan keadaan menguntungkan bagi kelompok-kelompok teroris untuk meningkatkan anggota dan pengaruh di Timur Tengah dan kawasan lainnya sampai tahun 2025.

Katanya kemajuan sains dan teknologi akan memberi kelompok-kelompok tersebut kemampuan melancarkan serangan radioaktif atau biologi berskala besar. Kepala intelijens itu juga memperingatkan Amerika akan menghadapi sejumlah tantangan lain, diantaranya konflik regional di seluruh dunia dan pergeseran kekuatan ekonomi dari Barat ke Timur.

McConnel mengatakan jika kecenderungan sekarang ini berlanjut, akan akan peralihan besar-besaran kekayaan dan kekuasaan ke Cina, India, dan Rusia. Katanya kecenderungan itu akan menyebabkan berkurangnya pengaruh Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG