Tautan-tautan Akses

Tzipi Livni Minta Presiden Israel Selenggarakan Pemilu Dini


Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni minta presiden Israel untuk menyelenggarakan pemilihan dini, setelah ia gagal membentuk koalisi pemerintahan yang baru.

Livni mengajukan permohonan itu dalam pertemuan Minggu dengan Presiden Shimon Perez di Jerusalem. Livini telah menyelenggarakan pembicaraan pembentukan koalisi sejak bulan lalu, ketika ia terpilih untuk memimpin Partai Kadima.

Livni menuduh partai-partai lain membuat tuntutan yang tidak mungkin seputar kebijakan ekonomi dan proses perdamaian dalam perundingan dengan pihaknya.

Partai Shas yang ultra ortodoks mengatakan Jumat, pihaknya tidak akan bergabung dengan koalisi pimpinan Livni, sehingga tidak memungkinkan Livni membentuk majoritas parlemen yang stabil.

Presiden Peres diperkirakan akan menyerukan pemilihan bulan Februari atau Maret setealh melakukan konsultasi dengan para pemimpin faksi parlemen Israel.

Jajak pendapat menunjukkan Partai Likud yang nasionalis pimpinan mantan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan memenangkan pemilihan seperti itu.


XS
SM
MD
LG