Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Asia dan Eropa akan Rombak Sistem Moneter Dunia


Para pemimpin Asia dan Eropa telah berjanji akan mengambil langkah-langkah yang efektif dan menyeluruh untuk merombak sistem moneter dan finansial dunia.

Pada akhir KTT dua hari di Beijing, 40 negara anggota Pertemuan Asia-Eropa menunjukkan sikap bersatu mereka untuk meyakinkan para investor yang cemas dan untuk menstabilkan pasar dunia.

Dalam pertemuan tersebut, Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao mengatakan, para pejabat harus menggunakan cara apapun untuk mencegah krisis finansial mempengaruhi perekonomian riil. Ia menyerukan ditetapkannya regulasi yang lebih ketat terhadap sistem perekonomian, seraya menyatakan harus ada hikmah yang diambil dari krisis saat ini.

Perdana menteri Tiongkok itu mengatakan negaranya akan berperan aktif dalam KTT Kelompok 20 mengenai krisis finansial, yang akan diselenggarakan Presiden Amerika George Bush pada 15 November mendatang di Washington.

Kelompok 20 terdiri dari negara-negara industri besar dan negara-negara yang perekonomiannya tumbuh pesat seperti Tiongkok, India dan Brazil.

Bursa saham di seluruh dunia pekan ini mengalami kerugian besar.

XS
SM
MD
LG