Tautan-tautan Akses

Militan Irak Akui Pemimpinnya Tewas oleh Serangan Koalisi


Kelompok militan Irak yang punya hubungan dengan al-Qaida melaporkan bahwa komandan tertingginya tewas dalam serbuan militer di Mosul permulaan bulan ini.

Orang yang mengaku sebagai pemimpin kelompok negara islam Irak itu mengeluarkan pita rekaman suara yang memuji Abu Qaswarah, lewat jaringan internet.

Tentara Amerika mengumumkan minggu lalu bahwa Qaswarah tewas dalam serangan yang dilancarkan pasukan koalisi. Qaswarah, kata Amerika adalah wakil komandan al-Qaida di Irak, dan kematiannya akan mengakibatkan kerugian besar bagi kelompok pemberontak.

Sementara itu, tokoh Syiah yang tinggal di Iran, Ayatollah Kazim al-Husseini telah mengeluarkan fatwa yang mengutuk perjanjian apapun yang akan dicapai oleh Amerika dan Irak tentang status pasukan Amerika di Irak di masa depan.

Kata rancangan perjanjian yang diumumkan minggu lalu, pasukan Amerika diserukan supaya ditarik dari Irak menjelang akhir tahun 2011, kecuali kalau diperpanjang atas permintaan Irak.

Kata Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates kemarin, apabila tidak dicapai perjanjian, pasukan Amerika akan menghentikan semua tugas-tugasnya ketika mandat PBB berakhir pada akhir tahun ini.

XS
SM
MD
LG