Tautan-tautan Akses

PM Taro Aso dan Bush Sepakat Sukseskan KTT Ekonomi Dunia


Departemen Luar Negeri Jepang mengatakan PM Taro Aso dan Presiden Amerika George Bush sepakat untuk bekerja sama guna menyukseskan KTT ekonomi dunia yang akan dilaksanakan.

Pernyataan departemen luar negeri Jepang hari ini mengatakan kedua pemimpin itu berbicara melalui telepon, dan sepakat KTT tersebut harus diadakan sesegera mungkin setelah pemilihan presiden Amerika tanggal empat November.

Departemen itu mengatakan Aso menyambut baik usaha-usaha Presiden Bush untuk menstabilkan perekonomian dunia, dan bahwa Jepang akan mengambil peran kepemimpinan sebagai ketua Kelompok Delapan - kelompok negara-negara maju di dunia.

Hari Senin, gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke mendesak Kongres Amerika agar merancang paket perangsang ekonomi yang kedua untuk membantu negara pulih dari krisis keuangan.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan Presiden Bush terbuka untuk gagasan tersebut. Harga-harga saham Amerika membubung setelah keluarnya berita itu, dimana indeks Dow Jones meningkat hampir lima persen hari Senin.

Indeks harga saham utama di Tokyo dan Sydney naik lebih tiga persen, tetapi turun di Hongkong dan Seoul.

Indeks harga saham utama di Eropa semuanya dibuka lebih tinggi, dipimpin oleh indeks CAC di Paris, yang naik lebih dua persen.

XS
SM
MD
LG