Tautan-tautan Akses

Perdagangan di Pasar Saham Asia Beragam Hari Ini


Perdagangan di pasar saham Asia beragam hari ini, menyusul tindakan oleh bank-bank sentral di seluruh dunia menurunkan suku bunga utama mereka dalam usaha terpadu untuk mencegah terjadinya resesi global.

Indeks Nikkei di Jepang ditutup turun setengah persen, dan indeks saham di Manila, Sydney, Taiwan dan Wellington juga turun pada penutupan perdagangan mereka.

Tetapi indeks Hang Seng di Hongkong naik hampir tiga persen, setelah para investor bereaksi terhadap berita bahwa bank sentral wilayah itu menurunkan suku bunga utamanya satu setengah persen. Indeks saham di Seoul juga naik setelah Bank Korea menurunkan suku bunga utamanya seperempat persen.

Bank-bank sentral Amerika, Eropa, Inggris, Kanada, Swiss, Swedia dan Tiongkok semuanya menurunkan suku bunga utama mereka hari Rabu.

Mereka mengambil tindakan tersebut setelah Dana Moneter Internasional memperingatkan bahwa perekonomian dunia memasuki masa penurunan besar, dan menghadapi kejutan yang paling berbahaya dalam pasar keuangan yang mapan sejak tahun 1930-an.

XS
SM
MD
LG