Tautan-tautan Akses

Teheran Siapkan Jawaban atas Desakan Hentikan Memperkaya Uranium


Pejabat-pejabat Iran mengatakan Teheran sedang menyiapkan jawaban bagi upaya internasional agar Iran menghentikan pekerjaan memperkaya uranium.

Menurut mereka, Iran hari Senin akan menyerahkan surat kepada kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Javier Solana. Kantor berita Prancis mengutip para pejabat mengatakan surat itu berisi komplain bahwa pendekatan yang dilakukan internasional dalam membicarakan program nuklir Iran telah merugikan perundingan.

Surat serupa juga akan ditembuskan kepada enam negara : Russia, Tiongkok, Amerika, Prancis, Inggris dan Jerman yang bersedia memberi perangsang tetapi sekarang ini mengenakan sanksi terhadap Iran supaya menghentikan pekerjaan memperkaya uranium tadi.

Uranium yang diperkaya dapat dipergunakan membuat senjata nuklir. Namun Iran menegaskan uranium yang diperkaya itu semata-mata akan dipergunakannya untuk tujuan damai.

Negara-negara Barat melabrak Teheran dalam sidang Badan Tenaga Atom Internasional pekan lalu.

Sementara itu, media Iran memberitakan ketua perunding Iran dalam soal nuklir, Saeed Jalili mengingatkan bahwa upaya asing untuk membuat Iran menghentikan pekerjaan memperkaya uranium tidak akan berhasil.

Sepucuk surat yang diserahkan Jalili kepada kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Javier Solana hari Senin kabarnya berisi keluhan Iran bahwa pendekatan internasional dalam membicarakan program nuklir Iran telah merugikan perundingan mengenai isu itu.

XS
SM
MD
LG