Tautan-tautan Akses

PM Thailand: Pemerintah Tak Akan Intervensi Amandemen Konstitusi


Perdana Menteri baru Thailand Somchai Wongsawat mengatakan pemerintah tidak akan mencampuri amandemen konsitusi yang didukung militer. Karena itu dia menganjurkan masyarakat umum mengajukan usul bagi kemungkinan amandemen konstitusi tersebut.

Setelah bertemu denga para pemimpin oposisi dan parlemen, Somchai hari ini mengatakan kepada wartawan, satu majelis penyusun konstitusi baru akan dibentuk untuk mengatur perubahan. Katanya, panel itu akan mewakili semua lapisan masyarakat Thailand.

Konstitusi sekarang ini dirancang satu panel yang disusun oleh sekelompok jenderal yang melancarkan kudeta tahun 2006 terhadap mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra.
Amandemen itu telah menjadi isu kontroversial utama antara para pendukung pemerintah dan penentang.

Oposisi utama, Aliansi Rakyat bagi Demokrasi telah menduduki kompleks pemerintah sejak akhir Agustus, menuntut pengunduran pemerintahan Somchai. Kelompok itu mengatakan pemerintah terlalu dekat dengan Perdana Menteri yang terguling, Thaksin Shinawatra. Kelompok itu juga mengatakan konstitusi baru akan memungkinkan keikutsertaan lebih besar dalam proses politik.

XS
SM
MD
LG