Tautan-tautan Akses

Christopher Hill Perpanjang Misi di Korea Utara


Utusan nuklir Amerika Christopher hill memperpanjang kunjungannya ke Korea Utara untuk hari ketiga guna mengusahakan dihidupkannya kembali perundingan untuk membongkar program nuklir Korea Utara.

Kata pejabat Amerika. Hill sedianya akan kembali ke Korea Selatan hari Kamis ini, tapi akan tetap berada di Pyongyang sampai hari Jumat untuk melanjutkan perundingan.

Kemarin disebutkan bahwa Amerika akan menawarkan pencabutan sementara korea utara dari daftar negara pendukung teroris asal Korea Utara mau menyerahkan rencana verifikasi pembongkaran fasilitas nuklirnya kepada Tiongkok, mitranya yang paling dekat.

Sebelumnya, seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Hill tidak akan memberi konsesi besar kepada utusan Korea Utara, Kim Kye-Kwan. Namun, ia mengatakan Hill bersedia membicarakan perubahan dalam cara persetujuan itu dilaksanakan. Korea Utara menuduh Washington memungkiri janjinya untuk mencabut Pyongyang dari daftar negara sponsor terorisme setelah Korea Utara mengungkapkan persediaan nuklirnya bulan Juni lalu.

Amerika Serikat mengatakan pencabutan Korea Utara dari daftar itu bergantung pada Korea Utara memberi rencana pemeriksaan kebenaran nuklir yang telah diungkapkannya.


XS
SM
MD
LG