Tautan-tautan Akses

Kongres AS Bersiap bagi Pemungutan Suara Rancangan Penyelamatan Keuangan


Anggota Kongres Amerika – yang bersiap melakukan pemungutan suara hari Senin ini – telah mengungkapkan satu rancangan undang-undang yang akan menyediakan dana bagi pemerintah Amerika untuk membeli sampai 700 milyar dollar kredit dari institusi keuangan swasta.

Rancangan UU itu diedarkan hari Minggu untuk memungkinkan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat menelitinya sebelum pemungutan suara hari Senin, yang disusul pemungutan suara di Senat yang kemungkinan besar akhir pekan ini.

Para pemuka Kongres dan Menteri Keuangan Henry Paulson mengatakan mereka semula ingin mengumumkan rancangan itu sebelum pasar di Asia dibuka hari Senin. Namun, pasar-pasar utama Asia melemah dalam perdagangan sejauh ini pada hari ini, setelah berita mengenai kesepakatan itu. Di pasar Eropa harga saham juga turun.

Presiden Amerika George Bush Minggu melam mengeluarkan pernyataan yang memuji kepemimpinan kedua partai politik yang telah menghasilkan rancangan yang katanya sangat bagus itu. Bush mengatakan dia yakin Kongres akan segera mengesahkannya.

Preside Bush dijadwalkan akan mengucapkan pidato yang disiarkan secara nasional pagi ini sebelum pasar saham Amerika dibuka.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan rancangan itu pertama-tama akan memberikan dana kepada institusi-institusi keuangan untuk menstabilkan ekonomi. Katanya pembayar pajak akan mendapat bayaran kembali melalui kepemilikan saham badan usaha yang menerima dana penyelamatan – dan melalui kenaikan nilai aset yang dibeli. Dan menurut Pelosi, rancangan UU itu akan mewajibkan pengawasan atas rencana penyelamatan itu serta reformasi regulasi Wall Street.

XS
SM
MD
LG