Tautan-tautan Akses

Grup PBB Mengukuhkan Kembali Sanksi Terhadap Iran


Para diplomat utama enam negara besar telah setuju menegaskan kembali kebijakan sanksi dan insentif mereka dalam kaitan dengan program nuklir Iran.

Menteri-menteri luar negeri lima anggota tetap DK PBB dan Jerman mencapai kompromi di New York hari ini. Mereka menegaskan pendirian sebelumnya dan menjanjikan langkah-langkah lanjutan yang perlu terhadap Iran.

Menteri Luar Negeri Inggris David Milliband mengatakan Iran memiliki pilihan jelas antara menyertai komunitas dunia jika berhenti memperkaya uranium, atau menghadapi sanksi lebih lanjut jika tidak mematuhi.

Para diplomat ke-enam negara – Rusia, Inggris, Cina, Prancis dan Jerman – berencana akan bertemu di sela sidang Majelis Umum PBB pekan ini.

Rusia yang lebih menyukai perundingan lebih lanjut dengan Iran, berbeda dengan Prancis dan Amerika Serikat yang menghendaki sanksi lebih jauh, mengatakan hari Selasa, tidak ada keadaan mendesak bagi masalah itu. Moskow mengatakan pertemuan sebaiknya diundur, sebab itu pembicaraan hari ini merupakan kejutan.

XS
SM
MD
LG