Tautan-tautan Akses

Manmohan Singh dan Asif Ali Zardari Sepakat Lanjutkan Proses Perdamaian


Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari telah sepakat untuk melanjutkan kembali proses perdamaian mereka yang seret.

Kedua pemimpin setuju hari Rabu menteri luar negeri mereka akan menjadwalkan pertemuan babak ke-5 pembicaraan perdamaian dalam 3 bulan mendatang.

Mereka juga sepakat satuan tugas anti-terorisme bersama mereka akan mengadakan pertemuan bulan depan untuk membahas keprihatinan bersama, termasuk pemboman maut Kedutaan India bulan Juli di Afghanistan. Zardari dan Singh mengumumkan rencana itu setelah bertemu di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York.

Kedua negara bertetangga yang bersenjata nuklir itu sudah pernah berperang 3 kali, dua kali atas daerah Kashmir yang terbagi dua. Mereka memulai proses perdamaian tahun 2004, tetapi tembak-menembak secara berkala di perbatasan mereka tetap membuat hubungan tegang.

Ketegangan lebih jauh meningkat bulan Juli ketika India menuduh keterlibatan badan intelijens Pakistan dalam pemboman kedutaan tadi.

XS
SM
MD
LG