Tautan-tautan Akses

Bush Umumkan Tindakan Bagi Momen Penting Perekonomian Amerika


Presiden Amerika Serikat George Bush mengatakan pemerintah menanggapi dengan “ tindakan yang belum pernah ada sebelumnya” terhadap apa yang dia sebut “momen sangat penting” bagi perekonomian negara ini.

Presiden berbicara di Gedung Putih hari ini, disertai pejabat tinggi keuangan (Mentri Keuangan Henry Paulson, Direktur Bank Sentral Ben Bernanke dan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Amerika atau Security and Exchange Commission, Christopher Cox.)

Menurut Bush krisis finansial telah mengikis kepercayaan dan membekukan sistem finansial negara ini, membuat campur tangan pemerintah sangat diperlukan. Dia meminta para pembuat hukum untuk melupakan perbedaan partai dan menyetujui rencana bantuan tersebut secepat mungkin.

Rencana yang disampaikan Menteri Keuangan Henry Paulson sebelumnya, meminta pemerinta membeli semua kredit macet, yang pada dasarnya memindahkan hutang buruk itu dari sistem finansial.

Paulson berjanji akan bekerjasama dengan para anggota parlemen untuk meranacang legislasi yang dibutuhkan. Dia berharap Kongres akan menyetujui rencana itu minggu depan.

Di Capitol Hill, seorang Senator terkemuka dari komisi perbankan memperingatkan rencana penyelamatan pemerintah itu akan mahal harganya. Anggota Kongres partai Republik dari Alabama, Senator Richard Shelby mengatakan bantuan bagi pasar finansial itu dapat membebani pembayar pajak Amerika sampai 1 trilyun dolar.

XS
SM
MD
LG