Tautan-tautan Akses

Daniel Fried: AS dan Rusia Hadapi Masa yang Sulit


Seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Amerika Serikat dan Rusia mungkin sedang menghadapi masa yang sulit.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Daniel Fried mengatakan kepada Kongres hari Selasa bahwa para pemimpin Rusia harus mengubah kebijakan mereka dan jangan dibiarkan membuat perbatasan baru di Eropa.

Fried mengatakan Amerika Serikat berkepentingan membantu Georgia untuk memulihkan ekonominya, memulihkan kedaulatannya, dan menanggulangi apa yang disebutnya kebutuhan militernya yang syah.

Seorang pejabat tinggi Departemen Pertahanan Amerika mengatakan kepada para anggota Kongres bahwa satu tim dari departemen pertahanan akan berangkat ke Georgia pekan ini. Ia mengatakan tim tersebut akan meninjau cara membantu Georgia untuk membangun kembali militernya setelah perang singkat dengan Rusia atas dua daerah Georgia yang memisahkan diri.

Dutabesar Rusia di PBB Vitaly Churkin hari Selasa mengedarkan rancangan resolusi Dewan Keamanan yang menuntut embargo senjata terhadap Georgia. Ia mengatakan pernyataan politik demikian perlu sekiranyapun Amerika Serikat mengancam akan mem-veto.

XS
SM
MD
LG