Tautan-tautan Akses

Hill ke Beijing Lakukan Pembicaraan dengan Cina, Korsel dan Jepang


Negara-negara yang terlibat dalam pembicaraan mengenai program senjata nuklir Korea Utara bertemu hari ini untuk membahas pengumuman Pyongyang bahwa pihaknya kemungkinan akan mengaktifkan kembali sarana nuklir yang telah dilumpuhkan.

Ketua perunding Amerika Christopher Hill telah meninggalkan Amerika untuk melakukan pembicaraan di Beijing dengan wakil-wakil dari Cina, Korea Selatan, dan Jepang.

Utusan Korea Selatan Kim Sook mengatakan penting untuk “menembus kebuntuan” secepat mungkin supaya Korea Utara dapat melanjutkan pembongkaran sarana tersebut, dan kembali ke pembicaraan enam pihak.

Pekan lalu Pyongyang mengumumkan bahwa pihaknya telah menghentikan pembongkaran kompleks nuklir utamanya dan sedang mempertimbangkan untuk mengaktifkan kembali reaktor itu, karena Washington belum mengeluarkan negara itu dari daftar negara-negara pendukung terorisme.

Namun Amerika membantah laporan-laporan di media Korea Selatan bahwa Korea Utara telah mulai memasang kembali reaktor plutonium tersebut. Departemen Luar Negeri Amerika hari Kamis mengatakan belum ada indikasi bahwa Korea Utara telah melakukan langkah demikian.

XS
SM
MD
LG