Tautan-tautan Akses

PBB akan Investigasi Serangan Udara AS di Afghanistan, 90 Warga Sipil Tewas


Koalisi pimpinan Amerika , Pemerintah Afghanistan dan Perserikatan Bangsa Bangsa telah sepakat akan melakukan investigasi bersama terhadap serangan udara Amerika pekan lalu, yang dikatakan oleh para saksi menewaskan sekitar 90 warga sipil di Afghanistan barat.

Koalisi pimpinan Amerika mengatakan 5 warga sipil dan 25 anggota kelompok militan tewas tanggal 22 Agustus, ketika tentara minta bantuan udara untuk menggempur militan yang menyerang tentara di desa Azizabad di Provinsi Herat.

Namun, para pejabat Afghanistan mempersoalkan jumlah korban, dengan mengatakan bahwa 90 warga sipil, sebagian besar anak-anak tewas.

PBB mengatakan telah menemukan bukti kuat mengenai besarnya jumlah korban setelah dilakukan penyelidikan di tempat kejadian. Para pejabat PBB hari ini mengukuhkan bahwa semua pihak telah sepakat untuk melakukan penyelidikan bersama-sama.

Jurubicara Pasukan Bantuan keamanan Internasional pimpinan NATO Brigadir Jenderal Richard Blanschette hari Sabtu mengumumkan penyelidikan bersama itu untuk menyelesaikan masalah ketidak-cocokan mengenai jumlah korban jiwa.

Para Pejabat NATO dan militer Amerika bersikeras bahwa mereka sangat berhati-hati dalam mengarahkan serangan udara, tetapi anggota kelompok militan sering bersembunyi di kawasan penduduk sipil.

XS
SM
MD
LG