Tautan-tautan Akses

Belum Ada Tanda Pasukan Rusia Ditarik dari Georgia


Wartawan asing dan saksi mata di Georgia mengatakan tidak ada gejala pasukan Rusia berkemas untuk mundur dari Georgia. Jurubicara militer Rusia, Jenderal Anatoly Nogovitsyn mengatakan hari Senin pasukan negaranya sudah mulai meninggalkan Georgia.

Tetapi wartawan maupun pejabat-pejabat Georgia mengatakan pasukan Rusia masih tetap berada pada berbagai posisi penting di luar Ossetia Selatan yang memisahkan diri dari Georgia.

Hari Senin beberapa pejabat Amerika dikutip mengatakan bahwa hari Jum’at Rusia telah menempatkan beberapa peluncur misil di Ossetia Selatan.

Rusia mengerahkan tank dan pasukan hampir dua minggu lalu ke Ossetia Selatan dengan dalih untuk melindungi warganya di sana setelah Georgia mengirim pasukan untuk menumpas separatis setempat.

Presiden Rusia Dmitri Medvedev hari Senin menyebut apa yang dikatakannya selaku pukulan yang membinasakan pada siapa saja mengancam warga Rusia.

Sementara itu, presiden Georgia Mikheil Saakashvili mengatakan siap berbicara dengan Rusia apabila pasukan Rusia telah keluar dari negaranya. Dalam pidato televisi ia menghimbau Rusia menghindari pertengkaran yang dapat mempengaruhi generasi masa depan.

XS
SM
MD
LG