Tautan-tautan Akses

Menlu Rice: Pasukan Rusia Harus Segera Ditarik dari Georgia


Menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan pasukan Rusia mesti segera ditarik dari Georgia sesuai perjanjian gencatan senjata.

Presiden Georgia Mikheil Saakashvili mengatakan dalam jumpa pers bersama Rice di Tbilisi bahwa ia sudah menandatangani gencatan senjata itu setelah mendapat klarifikasi dari Prancis yang awal pekan ini bertindak sebagai penengah dalam mencapai gencatan senjata itu.

Di Paris, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan sekarang pintu sudah terbuka bagi Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi mengakhiri krisis itu.

Rice mengukuhkan lagi dukungan Amerika pada kemerdekaan, keutuhan wilayah dan pemerintahan demokrasi Georgia.

Presiden Saakashvili mengatakan Rusia sudah merencanakan operasi militer itu sejak NATO menghentikan lamaran negaranya menjadi anggota NATO bulan April lalu. Ia mengatakan bagian besar Georgia masih di bawah pendudukan Rusia, keadaan yang tidak akan diterima bangsanya.

Presiden Bush sebelumnya menyebut Georgia demokrasi yang berani dan Rusia mesti menghormati kedaulatan Georgia. Ia mengatakan hubungan tegang dengan Barat bukanlah untuk kepentingan Rusia, dan menggertak serta mengintimidasi bukanlah cara yang diterima dalam melakukan kebijakan luar negeri.

XS
SM
MD
LG