Tautan-tautan Akses

Polisi India Berlakukan Tahanan Rumah atas Tiga Pemimpin Kashmir


Polisi telah memberlakukan tahanan rumah terhadap tiga pemimpin separatis di Kashmir yang dikuasai India.

Pihak berwenang mengatakan ketiga pemimpin itu (Syed Ali Shah Geelani, Mirwaiz Omer Farooq and Shabir Shah) merencanakan untuk memimpin pawai demonstrasi hari ini di kota Srinagar untuk memprotes dugaan serangan-serangan warga Hindu terhadap warga muslim.

Sejumlah warga muslim mengatakan, mereka dijadikan sasaran oleh kelompok-kelompok Hindu, dan bahwa pasukan keamanan tidak berbuat cukup untuk melindungi.

Seorang pejabat militer India, Letnan Jenderal Vinay Sharma mengatakan, militer mungkin dikerahkan dan, jika diperlukan, akan menggunakan kekuatan minimal untuk memulihkan ketertiban, setelah beberapa hari protes berlangsung di kawasan Himalaya itu.

Sementara ketegangan antara Hindu dan Muslim meningkat, suplai pangan, bahan bakar dan obat-obatan menipis. Toko-toko, tempat-tempat usaha, sekolah-sekolah tutup di Srinagar pada hari keempat ini.

Para demonstran Hindu terus memblokir sebuah jalan utama sebagai bagian dari apa yang disebut blokade ekonomi untuk mencegah masuknya suplai ke kawasan itu.

XS
SM
MD
LG