Tautan-tautan Akses

45 Negara Pemasok Nuklir Hendaknya Hukum India Bila Lakukan Uji Coba Nuklir


Seorang anggota Kongres Amerika mengatakan para pemasok nuklir internasional hendaknya mengenakan persyaratan terhadap India sebelum melakukan perdagangan nuklir dengan New Delhi.

Ketua Komisi Masalah Luar Negeri DPR Howard Berman mengatakan Kelompok Pemasok Nuklir yang beranggotakan 45 negara itu hendaknya sepakat untuk menghukum India kalau negara itu menguji-coba senjata nuklir.

Pemerintah Amerika sudah diharuskan undang-undang untuk menghentikan perdagangan nuklir dengan India sekiranya New Delhi melanjutkan percobaan senjata nuklir. Kongres telah meluluskan undang-undang itu tahun 2006 sebagai bagian dari persetujuan sementara atas perjanjian nuklir Amerika dengan india.

Berman, seorang Demokrat, mengatakan pemerintahan Bush hendaknya mendesak para pemasok nuklir lain agar mengenakan persyaratan yang sama pada perdagangan dengan India. Ia mengatakan demikian dalam suratnya kepada Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice. Ia mengatakan perusahaan-perusahaan Amerika akan menderita kelemahan dalam persaingan kalau mereka tidak boleh berdagang bahan nuklir dengan India sementara negara-negara lain boleh.

XS
SM
MD
LG