Tautan-tautan Akses

Hu Jintao: Olimpiade Beijing Tak Boleh Dijadikan Arena Politik


Presiden Cina, Hu Jintao mengatakan Olimpiade Beijing tidak boleh dijadikan arena politik untuk mengemukakan ketidak-senangan terhadap rekam jejak Cina dalam hak asasi manusia.

Berbicara dalam jumpa pers hari Jum’at dengan wartawan asing yang jarang dilakukannya, Presiden Hu mengatakan memang tidak dapat dihindari orang dari berbagai negara tidak selamanya mempunyai pandangan yang sama dalam berbagai isu. Tetapi, katanya, memasukkan politik ke dalam olimpiade bertentangan dengan semangat olimpiade.

Awal pekan ini kelompok hak asasi manusia Amnesty International menyatakan pemerintah Cina telah lupa dengan janji hendak memperbaiki keadaan hak asasi manusia ketika pada tahun 2001 disetujui menjadi tuan-rumah olimpiade. Dewan Perwakilan Amerika hari Rabu menyetujui rancangan resolusi mendesak Beijing menghentikan pelanggaran terhadap hak asasi warganya.

Dalam pada itu, Komite Olimpiade Internasional IOC mengumumkan Cina sekarang mengizinkan wartawan asing yang meliput olimpiade akses ke Website Internet yang tadinya diblokirnya.

XS
SM
MD
LG