Tautan-tautan Akses

Aghazadeh Harapkan Perundingan Nuklir Dimulai Berdasarkan Usul Iran


Ketua Badan Tenaga Atom Iran yang juga adalah wakil presiden negara itu – Gholam Reza Aghazadeh - mengatakan ia berharap perundingan internasional seputar program nuklir Iran dapat dimulai berdasarkan usul yang diajukan negaranya dan enam negara besar lain.

Keterangan ini diberikannya hari Kamis sambil menambahkan bahwa ia sangat berharap perbedaan antara kedua pihak dapat dipertemukan sehingga bisa dilakukan perundingan yang substansial.

Aghazadeh mengemukakan hal ini setelah bertemu dengan ketua Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), Mohammed el-Baradei di Wina. IAEA mengatakan Iran menahan rincian dari kegiatan nuklirnya yang sensitif.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad hari Rabu bersumpah Iran akan terus berusaha menguasai teknologi nuklir sekalipun ada upaya dari yang disebutnya negara-negara penindas untuk mencegahnya.

Jerman bersama kelima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB memberi waktu dua minggu kepada Iran untuk menjawab paket perangsang yang mereka tawarkan kepada Iran untuk menghentikan bagian-bagian dari program nuklirnya. Paket itu dibicarakan hari Sabtu di Jenewa.

XS
SM
MD
LG