Tautan-tautan Akses

William Burns Turut dalam Pembicaraan Ambisi Nuklir Iran di Jenewa


Wakil Menteri Luar Negeri AS William Burns akan turut serta dalam pembicaraan dengan Iran mengenai ambisi nuklir negara itu di Jenewa hari ini. Ini merupakan pergeseran signifikan dalam kebijakan Amerika Serikat.

Burns diperkirakan akan terlibat dalam pembicaraan dengan perunding nuklir utama Iran, Saeed Jalili, dan pimpinan kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana.

Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice mengatakan hari Jumat keputusan mengirim Burns ke pembicaraan nuklir dengan Iran merupakan "pertanda yang kuat" Amerika Serikat bersungguh-sungguh mengenai diplomasi dengan Teheran.

Namun, Rice mengatakan tindakan tersebut tidak memperlunak tuntutan utama Amerika bahwa Iran harus menghentikan pengayaan uranium.

Sebelum ini, pemerintahan Bush bersikeras tidak bersedia mengadakan pembicaraan nuklir dengan Iran sebelum Iran menghentikan pengayaan uranium.

Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki menyebut keikutsertaan Amerika dalam pembicaraan itu sebagai perkembangan positif, dan bahwa dia berharap akan dicapai kemajuan.

XS
SM
MD
LG