Tautan-tautan Akses

Pemerintah Libanon, Suriah Setuju Saling Buka Kedutaan


Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan Suriah dan Libanon telah sepakat untuk membuka kedutaan besar di ibukota masing-masing.

Presiden Suriah Bashar al-Assad bertemu dengan Presiden Libanon, Michel Suleiman, hari Sabtu di Paris. Ini pertemuan yang pertama kali sejak Suleiman dipilih sebagai presiden bulan Mei yang lalu.

Hubungan antara kedua negara tegang sejak pembunuhan mantan PM Libanon Rafiq Hariri pada tahun 2005.

Banyak pendukung Hariri menuding Suriah sebagai yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu, yang kemudian disusul dengan demonstrasi besar-besaran dan tekanan internasional yang akhirnya mendorong ditariknya pasukan Suriah dari Libanon. Suriah menyangkal terlibat dalam pembunuhan itu.

Para pemimpin dari kurang lebih 40 negara, termasuk negara-negara Arab dan Israel, berada di Paris untuk KTT negara-negara laut tengah hari Ahad ini.

Presiden Suleiman mengatakan kepada para wartawan sebelum pertemuan itu bahwa Libanon siap untuk menegakkan kembali hubungan diplomatik dengan Suriah, termasuk tukar-menukar dutabesar. Kedua negara memutuskan hubungan diplomatik setelah pembunuhan mantan PM Libanon Rafiq Hariri pada tahun 2005. Damsyik dikaitkan dengan pembunuhan itu, namun menyangkal tersangkut dengan pembunuhan tersebut.

Sementara, Presiden Suriah menggambarkan kunjungannya ke Prancis “bersejarah” dan sebagai pembuka ke Prancis dan Eropa.

XS
SM
MD
LG