Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Multi-lateral Nuklir Korea Utara akan Dilanjutkan Pekan Depan


Para pejabat Amerika mengatakan, mereka menduga pembicaraan multi-lateral mengenai program nuklir Korea Utara akan dilanjutkan pekan depan. Berita itu datang setelah berakhirnya kemacetan 6 bulan karena tertundanya pengungkapan kegiatan nuklir Pyongyang.

Para pejabat Dept. LN Amerika mengatakan, pembicaraan antara para utusan dari ke-6 negara, yakni Amerika, Cina, Jepang, Rusia dan kedua Korea, dapat diadakan sedini Senin – pertemuan pertama mereka sejak September yang lalu. Kata para pejabat, para utusan itu akan mulai menggarap bagaimana memferifikasi pernyataan Pyongyang Kamis baru lalu mengenai program pengolahan plutoniumnya.

Deputi jurubicara Dept. Pertahanan Amerika mengatakan, pertemuan lengkap tingkat menteri ke-6 pihak itu mungkin akan diadakan akhir Juli. Para pejabat Amerika telah mengatakan, verifikasi harus dimulai selambat-lambatnya 11 Agustus.

Sebelumnya pada Jumat, Korea Utara menyiarkan lewat televisi melakukan penghancuran menara pendingin di kompleks nuklir utamanya, sebagai tanda bahwa negara itu telah memenuhi komitmennya untuk melumpuhkan fasilitas Yongbyon secara permanent.

XS
SM
MD
LG