Tautan-tautan Akses

Rusia Peringatkan Ukraina, Georgia agar Tak Masuk NATO


Presiden Rusia Dmitri Medvedev telah memperingatkan Ukraina dan Georgia jangan menjadi anggota Persekutuan NATO. Menteri luar negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan Presiden Medvedev mengeluarkan peringatan itu dalam pertemuan terpisah dengan presiden Ukraina Viktor Yuschenko dan presiden Georgia Mihkail Saakashvili.

Pembicaraan dilakukan di sela-sela KTT ke-12 negara eks republik Soviet di Istana Strelna di St Petersburg. Lavrov mengatakan Presiden Medvedev mengatakan kepada Presiden Yuschenko bahwa keanggotaan Ukraina dalam NATO melanggar Perjanjian Rusia-Ukraina Tahun 1997.

Selain itu, Presiden Medvedev juga mengemukakan keberatannya atas rencana Ukraina mengusir Armada Laut Hitam Rusia dari pangkalannya di semenanjung Krimea di Ukraina apabila sewa pangkalan itu habis masa lakunya tahun 2017.

Seterusnya Menteri Luar Negeri Lavrov mengatakan Presiden Medvedev memberitahu presiden Georgia Saakashvili bahwa keanggotaan Georgia dalam NATO dapat menimbulkan spiral hubungan yang sangat negatif dengan Ossetia Selatan dan Abkhazia yaitu dua wilayah yang memisahkan diri dari Georgia.

XS
SM
MD
LG