Tautan-tautan Akses

Prancis Mulai Lagi Lakukan Kontak dengan Suriah


Prancis mengatakan Presiden Nicolas Sarkozy menilpon Presiden Suriah hari Kamis untuk membicarakan perkembangan politik akhir-akhir ini di Lebanon dan perundingan perdamaian dengan Israel.

Sebuah pernyataan dari kantor Presiden Sarkozy mengatakan presiden Prancis itu menilpon Presiden Suriah Bashar al-Assad sebagai bagian janji Prancis untuk membuka kembali kontak tingkat tinggi dengan Damsyik.

Dikatakan kedua presiden telah berjanji untuk menghidupkan kembali kontak setelah ada bukti kemajuan yang nyata ke arah berakhirnya krisis politik di Lebanon.

Prancis mengatakan Presiden Sarkozy juga menyatakan dukungannya untuk dimulainya lagi perundingan perdamaian antara Suriah dan Israel. Kedua negara mengkonfirmasi pekan lalu bahwa Turki telah menjadi penengah tidak langsung perundingan perdamaian mereka selama lebih dari setahun.

Media pemerintah Suriah melaporkan hari ini bahwa Presiden Sarkozy memuji peran Presiden Assad dalam perundingan yang ditengahi Liga Arab baru-baru ini di Doha yang membawa ke terpilihnya presiden baru Lebanon hari Ahad yang lalu.


XS
SM
MD
LG