Tautan-tautan Akses

Presiden Baru Libanon Serukan Faksi-Faksi yang Bersaing agar Bersatu


Presiden baru terpilih Libanon, Michel Suleiman, menyerukan persatuan nasional setelah terjadi pertikaian politik diantara faksi-faksi politik Libanon selama 18 bulan.

Parlemen Libanon memilih Suleiman Minggu menyusul sebuah persetujuan yang ditengahi beberapa negara Arab guna meredakan krisis politik disana, yang bulan ini meningkat menjadi pertempuran maut di seluruh Libanon.

Dalam pidato setelah pengambilan sumpah dirinya, Suleiman memuji peran militan Hezbollah yang didukung oleh Iran dan Siria dalam pertempuran melawan Israel. Ia juga menyerukan hubungan lebih baik dengan Siria, yang menduduki Libanon selama 29 tahun sampai 2005.

Suleiman mengatakan ia mendukung pembentukan peradilan PBB guna menyelidiki pembunuhan tahun 2005 terhadap diri mantan Perdana Menteri Libanon Rafik Hariri. Penyelidikan PBB menuduh Siria dalam pembunuhan itu, tetapi Damaskus membantah keterlibatannya.

Suleiman juga mendesak faksi-faksi Libanon agar membahas sebuah strategi pertahanan bersama untuk negara itu. Partai-partai pro Barat ingin Hezbollah dibubarkan, sebuah tuntutan yang ditolak oleh kelompok itu.

XS
SM
MD
LG