Tautan-tautan Akses

Presiden Rusia di Beijing untuk Pembicaraan Dua Hari


Presiden Rusia Dmitri Medvedev telah tiba di Beijing untuk melakukan pembicaraan dua hari mengenai perdagangan dan isu-isu internasional. Medvedev dijadwalkan akan bertemu hari ini dengan Presiden Cina Hu Jintao.

Para pejabat dari kedua negara mengatakan mereka memperkirakan kedua pemimpin itu akan menandatangani persetujuan yang menguraikan tentang kemitraan strategis kedua negara itu. Medvedev juga akan mengadakan pembicaraan dengan PM Cina Wen Jiabao dan memberi ceramah di Universitas Peking.

Rusia dan Cina telah berusaha memperkuat hubungan politik sementara mereka berupaya menghadapi dominasi Amerika dalam masalah internasional. Kedua negara telah mengambil sikap yang sama dalam masalah seperti Iran, kemerdekaan Kosovo, dan rencana pertahanan misil Amerika.

Kremlin juga memandang Cina sebagai pasar yang berpotensi besar untuk cadangan minyak dan gas alam Rusia yang berlimpah.

Kunjungan di Beijing adalah persinggahan kedua dalam perlawatan luar negeri resmi pertama Medvedev sejak memangku jabatan Presiden Rusia bulan ini.

XS
SM
MD
LG