Tautan-tautan Akses

Barack Obama Berada di Ambang Pencapaian Nominasi Capres Demokrat


Kandidat nominasi partai Demokrat, Barack Obama mengatakan ia kini berada di ambang pencapaian nominasi partai.

Obama berpidato dihadapan pendukungnya di Florida Rabu, sehari setelah kemenangannya di Oregon. Dengan kemenangannya yang terakhir ini, Obama tinggal meraih 100 delegasi lagi guna mencapai 2026 delegasi yang perlu untuk nominasi dirinya.

Ia berusaha mengurangi keprihatinan dengan kampanye partai Demokrat yang berlarut-larut, menghadapi saingannya Hillary Clinton, yang oleh banyak kalangan dianggap memecah partai. Katanya Demokrat akan bersatu kembali untuk mengalahkan kandidat partai Republik, John McCain dalam pemilihan umum.

Tetapi Clinton, yang juga berada di Florida, mengatakan kepada pendukungnya bahwa partai tidak bisa bersatu, kecuali kalau para delegasi dari Florida ikut diperhitungkan. Ia menang dengan selisih besar atas Obama di Kentucky hari Selasa, tetapi hal itu tidak banyak membantunya untuk memperkecil selisih delegasi dengan Obama.

Delegasi Florida dan Michigan tidak ikut dihitung karena melanggar peraturan nasional partai Demokrat, yakni menyelenggarakan pemilihan pendahuluan terlampau dini.

Clinton mengatakan suara pemilih di kedua negara bagian ini harus dihitung demi keberlangsungan demokrasi.

XS
SM
MD
LG