Tautan-tautan Akses

Birma Bawa Para Diplomat Tinjau Daerah Delta Irrawaddy yang Dilanda Topan


Birma mambawa para diplomat Sabtu ini untuk meninjau secara terkontrol daerah delta Irrawaddy yang dilanda topan, sesudah kalangan internasional mengelu bahwa militer yang berkuasa menghalangi kelompok-kelompok pemberian bantuan untuk mendistribusikan perbekalan bantuan.

Media pemerintah Birma mengatakan, jumlah korban jiwa akibat topan Nargis telah mencapai hampir 78 ribu jiwa dan 56 ribu hilang. Jumah itu, yang dirilis Jumat kemarin, hampir dua kali lipat dari angka sebelumnya. Para pejabat Amerika dan negara-negara lain mengatakan, jumlah korban dapat melebihi 100 ribu.

Para pejabat Prancis Sabtu mengatakan, mereka mengadakan perundingan dengan patra pemimpin Birma untuk memperoleh izin bagi sebuah kapal Angkatan Laut – Mistral – yang penuh bermuatan perbekalan untuk berlabuh.

Prancis mengeluh kepada Majlis Umum PBB Jumat bahwa Birma telah menolak untuk mengizinkan kapal itu mengirimkan bantuan kemanusiaan, sedangkan utusan Birma ke PBB menuduh Prancis mengirim kapal perang ke arah apantai yang dilanda badai-topan.

XS
SM
MD
LG