Tautan-tautan Akses

Cina Izinkan Tim SAR Asing Masuk Bantu Cari Orang yang Masih Hidup


Cina sudah mengizinkan tim SAR asing memasuki negara itu untuk membantu pencarian orang-orang yang masih hidup setelah gempa bumi dahsyat hari Senin, dan sementara usaha pertolongan mencapai tahap yang gawat.

Beberapa anggota tim SAR Jepang telah tiba di provinsi Sichuan hari ini, dan beberapa lagi akan tiba kemudian. Serombongan petugas darurat Rusia, termasuk para dokter, sedang dalam perjalanan ke Cina.

Beijing juga telah memberi izin bagi tim dari Korea Selatan dan Singapura untuk datang membantu 130 ribu tentara yang dikerahkan di daerah-daerah yang dilanda bencana.

Presiden Cina Hu Jintao terbang ke provinsi Sichuan hari ini, dan mendesak regu-regu penolong agar berusaha sekuat-kuatnya untuk mencari orang yang masih hidup aklibat gempa berkekuatan 7,9 skala Richter itu.

Menurut media resmi pemerintah, Hu mengatakan kepada para petugas pertolongan mereka sedang berusaha keras melawan waktu. Pihak berwenang telah dengan resmi mengukuhkan 20 ribu orang meninggal akibat gempa itu, tetapi mereka khawatir jumlah itu dapat mencapai sampai 50 ribu orang.

XS
SM
MD
LG