Tautan-tautan Akses

AS Tolak Berikan Jaminan Keamanan bagi Iran dalam Sengketa Nuklir


Amerika tidak akan memberikan jaminan keamanan kepada Iran dalam perundingan untuk mengakhiri program nuklirnya yang dicurigai itu. Ini dikatakan oleh jurubicara Gedung Putih Gordon Johndroe sebagai tanggapan atas usul Rusia supaya dunia barat memberikan jaminan keamanan kepada Iran untuk menyelesaikan sengketa nuklir itu.

Kata menteri LN Rusia Sergei Lavrov, kelompok barat juga harus memberikan tempat yang lebih baik bagi Iran dalam perundingan Timur Tengah. Tapi kata Gedung Putih, cara paling baik bagi Iran untuk menjamin keamanannya adalah menghentikan ancaman untuk menghancurkan Israel, dan jangan terus mengganggu keamanan di Irak, Afghanistan dan Libanon.

Ke-lima anggota tetap dewan keamanan, Amerika, Inggris, Perancis, Rusia dan Cina, telah berusaha merundingkan diakhirinya program nuklir Iran yang dicurigai ditujukan untuk membuat senjata nuklir.

Dewan keamanan telah mengeluarkan tiga sanksi untuk menekan Iran supaya menghentikan pengayaan uranium, yang bisa dijadikan senjata nuklir. Iran tidak mau menghentikan usaha itu sebagai prasyarat bagi perundingan.

XS
SM
MD
LG