Tautan-tautan Akses

Sudan Perpanjang Larangan Keluar Rumah Tanpa Batas di Khartoum


Para pejabat Sudan mendesak warga di ibukota Khartoum agar tetap berada di dalam rumah sementara pasukan keamanan mencari pemberontak Darfur yang bentrok dengan pasukan pemerintah hari Sabtu.

Pihak berwenang Sudan memperpanjang larangan keluar rumah tanpa batas di Khartoum hari Minggu ini dan mengatakan mereka percaya sebagian pemberontak masih di dalam kota itu.

Pihak berwenang juga menunjukkan sebuah gambar pemimpin pemberontak Gerakan Keadilan dan Kesetaraan, Khalil Ibrahim, pada tayangan televisi dan mendesak warga agar menghubungi nomor telepon hotline bila mereka melihatnya. Para pejabat mengatakan mereka percaya Ibrahim secara pribadi memimpin serangan terhadap Khartoum dan masih berada di wilayah itu – kemungkinan di kota tetangga Omdurman.

Juga hari Minggu, Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir menuduh Chad memberikan dukungan kepada pemberontak seraya mengatakan negaranya telah memutuskan hubungan diplomatik dengan negara tetangganya itu. Chad membantah tuduhan itu dan mengecam serangan pemberontak.

XS
SM
MD
LG